Rabu, 25 Oktober 2017

Manfaat Buah Mengkudu



Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan membuatnya banyak digunakan sebagai obat herbal. Buah mengkudu di Indonesia memiliki banyak nama; di pulau Jawa dikenal sebagai buah Kudu, Kemudu, Cangkudu dan Pace, sementara di daerah Bali disebut Wengkudu dan di pulau Madura orang-orang mengenalnya dengan sebutan buah Kondhuk.
Apapun namanya khasiat buah mengkudu telah  dikenal oleh lama sejak jaman nenek moyang kita. Sebenarnya, tidak hanya buah mengkudu yang memiliki khasiat bagi kesehatan, daun dan pohonnya juga sering digunakan sebagai campuran obat obatan tradisional.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Dan Pencegahan Penyakit
Buah mengkudu memiliki bau yang tidak enak sehingga banyak orang takut untuk mengkonsumsi obat ini meskipun mereka mengetahui bahwa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh sangat besar.
Khasiat buah mengkudu ini berasal dari zat-zat yang dikandungnya seperti asam kapril, metal asetil, morinda diol dan lain sebagainya.
Sejak dulu zat-zat ini diketahui berguna dalam mengatasi hipertensi, mencegah dan mengobati kanker, menurunkan tingkat gula darah hingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.
Selain itu, buah mengkudu juga berkhasiat mengatasi masalah mata yang diakibatkan tingginya tingkat gula darah di dalam tubuh
Tingkat gula darah dalam tubuh yang tidak terkontrol dapat merusak syaraf-syaraf mata dan menyebabkan pembengkakan sel selaput mata.
Hal ini dapat menyebabkan resiko penyakit mata; mulai dari berkurangnya penglihatan, katarak, glukoma dan bahkan kebutaan.
Oleh karena itu, buah mengkudu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin oleh orang yang memiliki tingkat gula darah yang tinggi agar terhindar dari resiko diabetes dan komplikasi diabetes, termasuk katarak dan kebutaan. Khasiat luar biasa lainnya dari buah mengkudu adalah mencegah tumor dan kanker serta penyakit jantung.

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan jantung

Khasiat lain dari buah mengkudu adalah kehebatannya dalam mengatasi penyakit jantung yang disebabkan pola makan yang salah.
Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan jantung adalah karena zat dalam buah mengkudu mampu mengurai lemak. Penderita penyakit jantung biasanya memiliki pola makan yang buruk.
Asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh tidak diimbangi dengan asupan serat dan nutrisinya sehingga terjadi penyumbatan aliran darah pada nadi yang diakibatkan oleh menumpuknya lemak dan kolesterol.
Buah mengkudu diketahui mampu bekerja mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
Buah mengkudu merupakan alternatif yang lebih alami bagi penderita tumor dan kanker. Pengobatan kimiawi dengan obat-obatan atau kemoterapi sangat menyakitkan dan biayanya sangat mahal.
Oleh karena itu, pengobatan tumor dan kanker dengan buah mengkudu banyak diminati karena lebih murah dan lebih efektif.
Konsumsi buah mengkudu secara teratur dan rutin dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker agar tidak makin membesar.
Jika tak suka rasanya, Anda bisa mengkonsumsi jus buah mengkudu yang sekarang ini banyak beredar di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar