Senin, 30 Oktober 2017

Cara Menghilangkan Varises


Varises adalah penyakit pada bagian kulit yang menyerang area kaki, terutama pada pangkal paha dan betis. Dalam dunia medis, varises dikenal sebagai pembuluh darah balik atau vena yaitu alat dalam tubuh untuk mengembalikan sisa darah dari olahan metabolisme yang berasal dari seluruh jaringan di dalam tubuh yang menuju kembali ke jantung.
Yang menyebabkan terjadinya varises cenderung diakibatkan oleh penyumbatan sirkulasi darah di area sekitae tungkai kaki dan betis saat dipaksa untuk menahan bobot seluruh badan karena terlalu lama berdiri dan berjalan tegak, sehingga tekanan darah pada vena bagian bawah menjadi meningkat.

Cara Menghilangkan Varises

cara menghilangkan varises
Ilustrasi contoh varises
Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan varises? Di sini Ansa akan dikenalkan dua cara menghilangkan varises, yang pertama Anda dapat mencobanya sendiri di rumah atau Anda bisa mengikuti sara dari dokter. Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk menghilangkan varises yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Kurangi Waktu Duduk ataupun Berdiri

Biasanya duduk dalam waktu yang lama dapat memicu terjadinya ambeien, tetapi siapa yang dapat menyangka jika duduk juga dapat menimbulkan varises. Ketika posisi tubuh terlalu banyak duduk atau berdiri, otomatis kaki akan menopang beban tubuh bagian atas. Oleh sebab itu, jika Anda sudah duduk terlalu lama, sebaiknya selingi dengan aktivitas berdiri setidaknya selama 30 menit.

Hindari Pemakaian Heels Sering-Sering

Dengan posisi tumit yang rendah atau sejajar dapat memaksimalkan fungsi dari otot pada betis untuk bekerja. Tetapi, jika setiap hari Anda dituntut untuk menggunakan heels, alngkah baiknya saat jam-jam istirahat melakukan peregangan kaki, hitung-hitung untuk melancarkan sirkulasi darah pasa kaki.

Kontrol Berat Badan dan Asupan Makanan

Kegemukan atau obesitas bisa memberikan kesempatan kepada varises untuk hadir ke dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengontrol berat badan agar masalah ini tidak terjadi pada Anda. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan, misalnya adalah menjalani diet rendah garam sebagai pencegahan terjadinya pembengkakan yang disebabkan karena retensi cairan.

Olahraga

Berolahraga secara rutin dapat mengurangi resiko terkena varises. Misalnya Anda bisa mencoba berjalan-jalan santai selama beberapa menit setiap sore hari. Hal ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah di kaki, tetapi dalam melaksanakannya juga jangan terlalu berlebih.

Tinggikan Kaki

Ketika sedang bersantai, angkatlah kaki untuk mengurangi gaya gravitasi pada vena kaki juga untuk mencegah terjadinya hambatan pada sirkulasi darah. Selain itu, perhatikan juga posisi Anda sedang berada di mana, jangan mengangkat kaki saat berada di kantor walaupun tidak ada atasan, karena hal tersebut dapat membuat nilai kesopanan Anda berkurang
Kelima cara yang sudah dijelaskan di atas dapat mengurangi kerentanan pembuluh darah vena di kaki mengalami peregangan yang akhirnya akan berpotensi terjadi varises. Sedangkan jika Anda ingin mencoba pengobatan yang disarankan oleh dokter, Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini :
  • Mengkonsumsi obat atau suplemen (vitamin) yang dapat mengurangi resiko varises.
  • Mengkonsumsi asam lemak esensial omega 3 dalam sehari sebanyak 100 mg.
  • Mengkonsumsi Ginkgo Bloba sehari dua kali sebanyak 120 mg.

Hal – hal yang harus dihindari

Jika ketiga anjuran dari dokter tersebut yang Anda jalani, maka ada beberapa hal yang perlu Anda hindari, berikut penjelasannya :
  • Jangan menggunakan celana panjang yang terlalu ketat, juga jangan menggunakan stocking yang terlalu sempit dari ukuran kaki.
  • Jangan berdiri dalam waktu yang terlalu lama atau duduk sambil memangku sebelah kiri.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kolestrol.
Nah, jika sudah menghindari semua hal yang dapat menyebabkan terjadinya varises dan mengaplikasikan keseluruhan cara mengatasi varises, maka langkah selanjutnya yaitu meningkatkan kesabaran Anda dalam memulihkan varises karena akan menyita waktu yang tidak sebentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar